Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Pengambilan Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Berbasis Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pada SMP Al-Qur’an An-Nawawiy Mojokerto)

Authors

  • Oktaviani Permatasari
  • Ahfi Nova Ashriana

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i3.98

Keywords:

Marketing mix, Pengambilan Keputusan, Orang Tua Siswa, Sekolah Berbasis Tahfidz Al-Qur’an.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix (7P) secara parsial terhadap pengambilan keputusan orang tua dalam memilih sekolah berbasis Tahfidz Al-Qur’an, baik dilakukan secara parsial maupun simultan pada orang tua siswa SMP Al-Qur’an An-Nawawiy Mojokerto. Manfaat penelitian tersebut yaitu bisa dijadikan referensi perbaikan strategi marketing mix pada SMPQ Al-Qur’an An-Nawawiy. Sampel pada penelitian ini sebanyak 57 orang, serta metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel terhadap pengambilan keputusan, hal itu dibuktikan dengan adanya nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel. Variabel product, price, promotion, people, dan process juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap kemajuan organisasi yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dengan t tabel. Serta pengaruh variabel X1, X2, X3, X5 dan X6 terhadap Y sebesar 48,2 %, dan 51,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Permatasari, O., & Ashriana, A. N. (2019). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Pengambilan Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Berbasis Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pada SMP Al-Qur’an An-Nawawiy Mojokerto). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(3), 382- 397. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i3.98