Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Orientasi Strategis Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Peran Mediasi Knowledge Management (Studi Pada PDAM Di Nusa Tenggara Barat)

Authors

  • Hermanto Hermanto

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.41

Keywords:

kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, orientasi strategis, knowledge management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan dampak langsung kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan orientasi strategis terhadap kinerja organisasi, serta dampak tidak langsung dari variabel tersebut melalui peran mediasi knowledge management. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan menggunakan metode survei dan dianalisis menggunakan GESCA. Semua perusahaan daerah air minum (PDAM) di Nusa Tenggara Barat terlibat sebagai unit analisis penelitian ini dimana 70 manajer di tingkat atas dan menengah diperlakukan sebagai responden penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung positif dan signifikan dari knowledge management terhadap kinerja organisasi; namun tidak ada pengaruh langsung kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan orientasi strategis terhadap kinerja organisasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa knowledge management adalah variabel mediasi penuh budaya organisasi dan orientasi strategis terhadap kinerja organisasi, namun tidak pada hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja organisasi. Namun, untuk memberikan hasil yang lebih komprehensif, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melibatkan lebih banyak PDAM sebagai unit analisis dan determinan knowledge management lain untuk memperluas perspektif peran knowledge management.

Downloads

Published

2018-05-01

How to Cite

Hermanto, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Orientasi Strategis Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Peran Mediasi Knowledge Management (Studi Pada PDAM Di Nusa Tenggara Barat). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 343 - 356. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.41