Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pelanggan Sariayu Di Indramayu)

Authors

  • Popo Suryana Universitas Pasundan
  • Rifa Fauziah Univeritas Pasundan
  • Budiyarti Yeni Purnami Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.308

Keywords:

Brand Image, Harga, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan harga terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai variable intervening pada (survei pada  pelanggan Sariayu di Indramayu) baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan ukuran sampel sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis), korelasi berganda koefisien determinasi, uji hipotesis simultan dan uji hipotesis parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image, harga dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan secara total yaitu sebesar 85,8% dan sisanya 14,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian secara parsial yaitu sebesar 31,7% pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sebesar 24,9%, brand image terhadap kepuasan pelanggan sebesar 9,9%, harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 6,2% dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan sebesar 69,7%. Dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Suryana, P. ., Fauziah , R. ., & Purnami, B. Y. . (2023). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pelanggan Sariayu Di Indramayu). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 7(1), 121 - 134. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.308