Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal)

Authors

  • Andika Pratama Universitas Jenderal Soedirman
  • Siti Zulaikha Wulandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Devani Laksmi Indyastuti Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.235

Keywords:

persepsi kegunaan, sikap penggunaan, intensi menggunakan, penggunaan sistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan sikap penggunaan dalam pengaruhnya terhadap intensi dan penggunaan sistem sesungguhnya pada penggunaan aplikasi PLN Daily. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai PLN UP3 Tegal. Dengan populasi sebesar 160,  ditetapkan sampel 115 responden yang dipilih berdasarkan simple random sampling. Hasil pengujian analisis regresi menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution) menunjukkan bahwa : (1) persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan. (2) persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap intensi. (3) sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap intensi. (4) intensi berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem sesungguhnya. (5) sikap penggunaan memediasi pengaruh persepsi kegunan terhadap intensi. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan sistem sesungguhnya secara maksimal oleh pegawai dapat dicapai apabila perusahaan memperhatikan intensi pegawai untuk tetap menggunakan aplikasi PLN Daily. Perusahaan dapat mengimplementasikan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan persepsi kegunaan dan sikap penggunaan dengan harapan dapat meningkatkan intensi pegawai dalam penggunaan aplikasi PLN Daily.

Downloads

Published

2022-05-15

How to Cite

Pratama, A., Wulandari, S. Z., & Indyastuti , D. L. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal) . INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 355-368. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.235