Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Studi Pada PT. Champion Kurnia Djaja Technologies

Authors

  • Setria Feri
  • Adi Rahmat
  • Bambang Supeno

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.172

Keywords:

Motivasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan, gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi

Abstract

Mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan berarti mengelola pegawai agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal untuk mencapai tujuan organisasi. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Tujuan dari kajian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi, gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening terhadap karyawan PT. Champion Kurnia Djaja Technologies.

Analisis jalur (path analysis) digunakan untuk menguji model yang dihipotesiskan secara statistik dengan bantuan SPSS-19, serta untuk menentukan sejauh mana model yang diajukan tersebut konsisten dengan data sampel.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Motivasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan kepuasan kerja masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Champion Kurnia Djaja Technologies. Kepuasan kerja mampu bertindak sebagai variabel intervening untuk memediasi hubungan motivasi terhadap kinerja karyawan. Sementara, untuk hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, pengaruh kepuasan kerja sebagai variabel intervening tidak sebesar pengaruh langsungnya.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Feri, S. ., Rahmat, A. ., & Supeno, B. . (2020). Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Studi Pada PT. Champion Kurnia Djaja Technologies. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(1), 134 - 151. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.172