Analisis Kinerja Strategi Bisnis Koperasi Karyawan UNTAG Surabaya dengan Pendekatan Balance Scorecard

Authors

  • Mochammad Singgih
  • Djoko Sulistyono

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.169

Keywords:

Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Koperasi, Penggerak Ekonomi Rakyat

Abstract

Koperasi adalah penggerak ekonomi rakyat, yang dipandang sebagai soko guru perekonomian diharapkan tetap mampu bertahan ditengah perkembangan jaman yang erat akan persaingan bisnis. Koperasi dituntut dapat tetap menjalankan usahanya dengan terus meningkatkan kinerja dalam pengorganisasiannya agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Kaplan dan Norton dalam bukunya balanced  scorecard menjelaskan Organisasi  perlu memperhatikan perpektif lain yang tidak kalah penting selain keuangan yakni pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan/pembelajaran. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yakni: 1. Bagaimana kinerja KopKar Untag Sby melalui pendekatan Balanced Scorecard pada tahun 2020 ? dan  2. Apa  langkah-langkah   strategis  bagi  KopKar  Untag  Sby  dalam  memperbaiki dan meningkatkan kinerja di masa akan datang ?

Komponen-komponen Balanced scorecard diuraikan lebih lanjut dalam analisis deskriptif. Temuan dari penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: Tiga parameter perspektif keuangan semua mengalami peningkatan dan penurunan selama 5 tahun ( 2015 -2019 ) yakni Net Profit Margin (NPM), Return On Asset ( ROA ) dan Return On Equity (ROE). Dalam perspektif pelanggan 2 variabel kurang baik yakni : Customer retention dan Customer Acquisition naik turun. Kepuasan anggota sangat baik. Dan Jumlah keluhan cenderung menurun. Hal ini menunjukkan kecenderungan yang  baik. Namun untuk kinerja Proses Bisnis Internal, Inovasi dinilai kurang. Tiga parameter perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yakni Karyawan, Pengurus dan Pengawas menunjukkan relative baik. Jadi secara keseluruhan kinerja KopKar Untag Sby ditinjau dari 4 perspektif Balanced Scorecard hanya 1 persepektif proses bisnis internal (Inovasi) yang kurang. Sehingga secara umum kinerja KopKar Untag Sby masih dalam kategori baik.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Singgih, M. ., & Sulistyono, D. . (2020). Analisis Kinerja Strategi Bisnis Koperasi Karyawan UNTAG Surabaya dengan Pendekatan Balance Scorecard. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(1), 98 - 112. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.169