Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Jadi Pada PT. Denso Manufacturing Indonesia

Authors

  • Matdio Siahaan
  • Ahmad Torikul Muhidin

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.159

Keywords:

Analisis, Pengendalian Internal COSO, Persediaan Barang Jadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal persediaan barang jadi yang diterapkan PT. Denso Manufacturing Indonesia Tahun 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan COSO. Berdasarkan metode deskriptif kualitatif, metode pengambilan sampel dan populasi dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 15 karyawan departement logistik dan 5 karyawan departemen produksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Denso Manufacturing Indonesia memiliki sistem pengendalian internal persediaan barang jadi yang baik dan efektif namun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan dalam pelaksanaan pengendalian internal yang sudah ada, dan tidak ditemukan adanya penyimpangan hanya terdapat beberapa kekurangan pada pengendalian internal persediaan barang jadi yang sudah dijalankan saat ini.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Siahaan, M. ., & Muhidin, A. T. (2020). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Jadi Pada PT. Denso Manufacturing Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 558 - 568. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.159