Peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Studi pada pemerintah desa tonasa dan desa mamampang, tombolo pao)

Authors

  • Suhartono Suhartono
  • Nurarini Arsyad
  • Finna Amelia

DOI:

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.142

Keywords:

Peran, kepemimpinan, kualitas sumber daya manusia, kepala desa

Abstract

Peran kepemimpinan sangat menunjang tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas dalam pemerintah desa, salah satunya dengan membentuk eksistensi kepala desa yang diyakini dapat mengimbangi pola pikir dan refleksi paradigma baru dalam arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala desa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada lingkup aparatur pemerintah desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa Tonasa dan desa Mamampang dapat di lihat berdasarkan peran kepala desa sebagai Interpersonal role (Peranan pribadi), Decision making (peranan pembuat keputusan), dan Informational role (peranan sumber informasi). Ketiga peran pemimpin tersebut sudah di jalankan oleh kepala desa di desa Tonasa dan desa Mamampang dimana dalam interpersonal role kepala desa menempatkan dirinya sebagai Figurehead, Leader dan Liaison. Dalam Decision making, kepala desa menempatkan dirinya sebagai Entrepreneur, Distrubance handler, Resource allocation, dan Negotiator. Dan dalam Informational role kepala desa menempatkan dirinya sebagai Monitor and dessiminator dan Spoke person. Sehingga terciptalah sumber daya manusia yang berkualitas.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Suhartono, S., Arsyad, N. ., & Amelia, F. . (2020). Peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Studi pada pemerintah desa tonasa dan desa mamampang, tombolo pao). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 336 - 353. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.142